Berapakah Perkiraan Harga Renovasi Rumah Per Meter?

Apakah anda berencana akan membangun kembali rumah anda atau melakukan renovasi? Jika demikian anda harus memahami berapakah harga renovasi rumah per meter. Hal ini sangat penting terutama untuk membantu anda dalam mempersiapkan anggaran yang harus anda keluarkan. Mengingat tidak sedikit orang yang salah kaprah dalam mengatur keuangan mereka untuk merenovasi rumah mereka kembali

Mengetahui berapakah perkiraan biaya membangun rumah anda kembali ini memang sangat penting untuk anda ketahui. Entah itu untuk rumah dengan ukuran yang kecil ataukah tidak, semua membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa mengetahui berapakah estimasi biaya yang akan anda keluarkan. Tentu anda akan mendapatkan banyak masalah dan rumah baru anda akan sulit terwujud.

Perhitungan biaya untuk melakukan renovasi rumah

Untuk membantu anda mempersiapkan berapakah biaya yang akan anda keluarkan untuk melakukan renovasi rumah tersebut, kali ini kami akan memberikan sejumlah informasi mengenai berapakah kisaran biaya yang harus anda keluarkan tersebut, maka anda bisa menyimak perkiraan biaya untuk melakukan renovasi rumah tersebut.

  1. Biaya tenaga kerja

Hal pertama yang harus anda perhatikan dengan baik terkait dengan biaya yang harus anda keluarkan untuk renovasi rumah adalah biaya tenaga kerja. Pastinya untuk menyelesaikan renovasi rumah tersebut, anda tidak bisa melakukannya sendiri bukan? Anda pasti membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan anda tersebut.

Untuk menyewa tenaga kerja tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa cara metode pembayarannya yakni sistem harian, borongan jasa hingga borongan penuh. Tentunya setiap  daerah ini mempunyai aturan yang berbeda untuk menghitung upah untuk tenaga kerja bangunan. Di Jakarta sendiri mulai dari 125 hingga 150 per hari.

  1. Biaya  material  yang akan digunakan

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan jika ingin mengetahui harga renovasi rumah per meter yang berikutnya adalah berapakah biaya untuk material tersebut.  Untuk anda yang tidak ingin direpotkan dalam membeli semua material tersebut, maka ada baiknya untuk meminta jasa tukang bangunan yang lengkap dengan materialnya juga untuk membantu anda dalam merenovasi rumah anda tersebut.

Untuk anda yang ingin menyewa jasa bangunan beserta dengan pemberian materialnya, biaya yang harus anda keluarkan bisa mulai dari 2,5 juta per m2. Ini merupakan grade yang paling bawah tetapi juga sudah SNI sehingga aman untuk digunakan  untuk merenovasi rumah anda kembali.

  1. Perhatikan biaya untuk perluasan tanah

Apabila anda hidup di kawasan perkotaan dengan lahan yang minim tetapi anda ingin memperluas bangunan anda tersebut, maka anda juga bisa membeli tanah sebagai perluasan bangunan. Tetapi jika anda tidak akan membeli tanah tersebut maka sebaiknya anda menghiraukan ulasan ini. Tetapi apabila anda akan melakukan perluasan tanah, anda bisa langsung memperhatikan ulasan di bawah ini.

Nah, adapun perkiraan biaya renovasi rumah yang berikutnya adalah biaya tanah. Di daerah perkotaan, biasanya tanah per m2 dihargai sebesar 1 juta. Apabila anda membutuhkan tanah sekitar 15 m2, maka anda kurang lebih bisa menyiapkan dana sekitar 25 juta.

  1. Perhatikan biaya lainnya

Karena rumah kerap dijadikan sebagai investasi yang besar anda maka anda memang harus memiliki perencanaan yang matang serta biaya yang cukup. Hal ini bukan tanpa alasan karena selain menyiapkan biaya untuk diawal, anda juga bisa melakukan perhitungan biaya lain-lain yang mungkin akan anda keluarkan juga.

Sebaiknya anda juga bisa menyiapkan biaya lain-lain tersebut dengan baik sebelum proses pengerjaan. Sebagai contohnya, apabila sewaktu-waktu harga material yang anda butuhkan mengalami peningkatan atau tiba-tiba anda ingin mengubah bentuk rumah anda. Idealnya, anda bisa menyiapkan dana untuk biaya lain-lain tersebut sebesar 10% dari jumlah total dana untuk melakukan renovasi rumah

Tips melakukan renovasi rumah dengan baik

Setelah anda mengetahui berapa biaya renovasi rumah, tentu anda juga perlu mengetahui bagaimana tips melakukan renovasi rumah tersebut agar bisa berjalan dengan baik bukan? Hal ini bukan tanpa alasan karena selain estimasi biaya pengeluaran, anda juga harus mengetahui bagaimana tips dalam melakukan renovasi tersebut. Untuk lebih jelasnya maka anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

  1. Jangan lupa untuk merencanakan lebih awal

Agar proses renovasi rumah bisa berjalan dengan baik, maka sebaiknya anda sudah melakukan perencanaan sejak awal. Sebagai contohnya, anda bisa mempertimbangkan berbagai macam produk pilihan dan bahan bangunan yang akan digunakan demi mencegah adanya penundaan di sewaktu waktu.

Anda juga harus bisa membandingkan harga material yang ada dipasaran. Selain itu, pikirkan juga biaya untuk pemeliharaan jangka panjang, biaya perbaikan hingga penghematan energi. Dengan perencanaan yang tepat maka anda bisa melakukan penghematan biaya pengeluaran.

  1. Perhatikan lingkungan anda tinggal

Tidak ada yang tahu apabila memperhatikan bagaimana struktur daerah dimana anda tinggal memang menjadi hal yang sangat penting. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang menganggap remeh. Padahal mengenali dan menghargai bagaimana karakter komunitas anda yang berbeda-beda dan menggabungkan pola bangunan tersebut dengan desain yang baru akan memperkuat adanya kerangka kontekstual daerah tersebut.

  1. Pahami Karakter rumah anda

tips selanjutnya yang akan membantu anda untuk melakukan renovasi rumah adalah dengan memahami bagaimana karakter yang dimiliki oleh rumah anda tersebut. Pahami juga bagaimana cara merancangnya dengan mudah. Ini tidak berarti hanya memadukan desain yang lama dengan yang baru.

Untuk anda yang ingin mengubah rumah anda secara drastis  maka ada baiknya anda memang harus logis ketika melakukan penggabungan pola, bentuk serta infrastruktur perencanaan lama dengan yang baru.

  1.  Rumah yang sesuai dengan gaya hidup anda

Untuk anda yang ingin melakukan renovasi rumah, maka kami juga menyarankan anda untuk memilih desain rumah yang sesuai dengan gaya hidup yang dimiliki oleh keluarga anda. Kegiatan dan ritual keluarga mempunyai kebutuhan ruang masing-masing. Sebagai contohnya, anda bisa menambahkan ruang untuk berkumpul ataupun sekedar hanya untuk hiburan, tempat yang tenang untuk membaca hingga adanya area pribadi untuk para tamu.

  1. Jangan lupa untuk mempelajari struktur lama rumah anda

Sebaiknya anda memahami bagaimana merancang rumah anda tersebut secara aman yakni dengan cara mengenali struktur rumah yang anda miliki. Sebaiknya anda juga bisa melakukan perancangan, menambahkan atau merombak rumah anda sesuai dengan peraturan bangun yang ada dan berlaku di kawasan anda tinggal.

  1. Cobalah untuk membeli material bekas

Untuk anda yang ingin berhemat biaya pengeluaran untuk bermain poker maka sebaiknya anda bisa menggunakan material bekas. Kendati demikian, anda juga harus berhati-hati ketika membeli material bekas tersebut, pastikan material yang anda gunakan tersebut tahan lama

Demikian perkiraan harga  renovasi rumah per meter  yang perlu untuk anda ketahui. Melakukan renovasi rumah ini memang tidak boleh anda anggap enteng begitu saja, perlu adanya perencanaan yang baik agar proses renovasi rumah bisa berjalan dengan baik